Cara memilih shok breaker

Shok breaker mobil memiliki fungsi menjaga kenyamanan berkendara anda. Dengan shok breaker atau peredam kejut, pengendara mobil nyaman dan mobil pun tidak mudah rusak kija melewati jalan yang bergelombang. Ketika memilih shobreaker, anda harus tahu bahwa pegas dan penahan guncangan ini sering kali memiliki trade off antara kenyamanan dan handling. Jadi jika anda memilih shok breaker, pastikan anda mengompromikan antara kenyamanan berkendara dan handling.

Banyak orang yang salah dan hanya berkonsentrasi menceperkan mobil dan mengasumsikan bahwa per  yang lebih kaku dan jarak yang lebih pendek akan meningkatkan handling. Komponen pertama dari shok breaker adalah peredam kejut ( Shoks ), terdiri atas piston yang diletakan di dalam cairan dan ditambah ruangan berisi gas yang brfungsi untuk meredam kejut karena gas akan terkompresi jika ditekan.

Cara untuk mengetes apakah shock breaker anda baik ialah dengan mencoba melewati jalan berlubang lalu mengecek jumlah pantulan shock breaker. Jika setelah anda melewati jalan berlubang dan shock memantul lebih dari sekali atau dua kali, maka shok anda harus diganti. Tanpa peredam kejut, maka shock breaker hanya seperti per yang mentul – mentul tanpa bisa stabil.

Beberapa shock breaker yang bagus bisa memberikan anda pilihan untuk menyetting bound dan rebound. Bound yaitu atribut peredam kejut untuk melakukan  kompresi  dari kejutan yang diterima, sementara rebound adalah pelepasan kompresi.

Jika suspensi anda memiliki satting seperti ini, anda bisa mengatus shock sesuai dengan keinginan anda. Ada juga suspensi jenis hi-low yang memungkinkan nada mengatur tingkat kenyamanan berkendara anda, dan tingkat handling sekaligus. Shock breaker jenis hi-low yang baik memiliki beberapa fitur, seperrti :
  1. Bisa mengatur ketinggian yang diinginkan.
  2. Kualitas barang bagus, anti karat dan pengecatan bagus.
  3. Klep berkualitas sehingga awet.
  4. Tersedia untuk banyak jenis mobil.
  5. Ada peningkatan handling.
  6. Respond steering lebih enak, mobil mudah di kontrol.
  7. Mobil menjadi stabil dan nyaman.
  8. Model bagus.
  9. Enak dipakai saat mobil di rem.
  10. Bisa di charge gas nitrogen.
  11. Sunyi.
  12. Terbukti, dan ada sertifikasinya.
Jika tipe mobil anda tipe mobil keluarga, maka jika tidak ada alasan yang kuat, sebaiknya anda tetap menggunakan tipe suspensi bawaan pabrik. Jika tidak tahu kualitas suspensi  yang baik, nantinya malah jaminan garansi perbaikan mobil anda bisa hilang, jika ada kerusakan karena memakai  suspensi yang bukan spek resmi dari pabrik.

No comments:

Post a Comment