Cara menghilangkan karat pada mobil

Karat adalah musuh terbesar pada mobil. Mobil memang dibuat dari logam. Body ataupun sasis pun dibuat menggunakan logam, karena itu karat ibarat kanker yang bisa memakan body mobil.

Banyak sebab karat bisa muncul di mobil. Yang utama adalah karena cat mobil terkelupas atau gores. Entah karena menabrak, terantuk batu, catnya sudah berumur atau karena panas terus menerus.

Cat yang terkelupas ini, ditambah dengan udara dan kelembapan, menyebabkan logam teroksidasi sehingga timbulah karat. Karat ini awalnya kecil, tapi terus melebar.

Cara untuk menghilangkan karat di mobil, tentu dengan cara mengecatnya kembali dan langkah - langkah yang perlu dilakukan adalah :
  1. Siapkan peralatan seperti gerindra, amplas, kemudian sarung tangan, kaca mata, dan pelindung debu.
  2. Hilangkan cat di sekitar area yang berkarat. Anda bisa menggunakan gerindra tangan. Dalam memoles bagian body yang berkarat dilakukan pelan - pelan saja, atau bisa juga menggunakan amplas 150 grit untuk mengamplas karat, termasuk karat yang ada di logam. amplas sampai halus.
  3. Saat menggunakan gerindra tangan anda harus hati - hati, karena jika berlebihan malah merusak body mobil. Untuk membersihkan sisa - sisa karat anda juga bisa menggunakan asam fosfor yang bisa dibeli di toko kimia atau menggunakan cairan penghilang karat dari toko onderdil atau Ace hardware.
  4. Jika diperlukan, belilah dempul seperti isamu atau yang impor seperti bondo untuk meratakan permukaan. langkah akhir finishing yaitu dengan mengamplas menggunakan tangan dan memakai amplas 120 grit. setelah halus baru siap untuk dicat.
  5. Belilah cat dasaran / primer untuk mobil.
  6. Cara implementasi cat dasaran ini biasanya dengan mengelap area yang akan diberi cat dasaran dengan thiner.
  7. Menutup area yang tidak akan dicat dengan kertas koran.
  8. Semprotkan cat dasaran dengan jarak sekitar 20 - 30 cm.
  9. Buat 3 lapis dasaran, anda harus menunggu beberapa menit sebelum melapis. Setelah itu, biarkan cat dasaran mengering semalaman. minimal 12 jam.
  10. Setelah kering amplas dengan menggunakan amplas 400 grit.
  11. Semprotkan cat tipis - tipis, sehingga cat tidak menggumpal seperti air. Buat lapisan sesuai kebutuhan sampai terlihat cukup. Biarkan selama 24 jam untuk mengeringkan.
  12. Berikan cat vernis ( clear coat ) untuk lapisan akhir.
  13. Diamkan mobil sampai cat kering ( normalnya 48 Jam ), setelah itu cuci dan gosok mobil. Jangan gunakan kompon di cat yang baru jadi, sampai paling tidak sebulan setelah pengecetan.
Demikian cara menhilangkan karat pada mobil dari saya, semoga bermanfaat

1 comment:

  1. tank's iatas infonya mampir kesini ya http://www.bisnisjengdwi.me.cc/

    ReplyDelete