Menyetel Karburator Sepeda Motor

Karburator adalah komponen yang berfungsi mengkabutkan bensin dan udara sebagai bahan bakar yang akan dimasukkan di ruang bakar dari mesin. Lama dipakai, karburator bisa tersumbat karena kotoran dari penyaring udara yang kotor. Kotoran ini bisa merusak ke ruang bakar, dan akhirnya mengotori oli dan mengurangi kualitas oli.

Karburator harus selalu dicek, paling tidak setahun sekali tergantung intensitas penggunaan motor. Karburator ini jarang rusak, hanya saja pengaturanya perlu diatur secara teratur.
Berikut ini cara untuk mengecek karburator :
  • Lepas karburator dari dudukanya, kemudian buka karburator pastikan anda hati-hati dalam membongkarnya, karena nantinya akan di pasang lagi. Cara memasang sebenarnya mudah, hanya kebalikan dari saat melepas.
  • Sebelum dilepas, sekrup penguras karburator dibuka untuk menguras isi bensin di karbu. Bensin lebih baik dikosongkan terlebih dahulu sebelum dilepas. Setelah itu, baru klem pipa di longgarkan dan dilepaskan. Lepas juga selang bensin dari karburator, setelah itu baru ambil karburator dari intake manifold.
  • Pastikan anda mengetahui komponen-komponen karburator. Tiap-tiap motor memiliki jenis karburator yang berbeda-beda. Pastikan Anda mengenali komponen-komponennya, dari mulai bak bensin, pelampung, dan jarum-jarum yang ada.
  • Di bagian badan karburator, lepas jarum-jarum jet yang ada, semprot semuanya dengan udara kompresor. Setelah semuanya bersih, pasang lagi sesuai dengan pengaturan sebelumnya. Atur juga skrup stasioner untuk mendapatkan putaran mesin idle yang rendah.

1 comment: