Cara Menghilangkan Jamur pada Kaca Mobil

Cara cembersihkan jamur pada kaca mobil

Kaca bagian depan mobil mempunyai fungsi yang sangat vital. Kaca depan yang bersih tentunya akan membuat vsibilitas pengemudi menjadi jauh lebih baik saat berkendara.

Namun, cuaca yang sering berubah-ubah tidak menentu membuat pemilik mobil harus melakukan perawatan ekstra untuk menjaga penampilan mobil kesayanganya. Bila jarang dibersihkan, mobil akan mudah terkena jamur pada kaca maupun bodi mobil.

Jamur pada kaca mobil disebabkan oleh banyak hal, contohnya adalah noda, kotoran burung, air hujan, debu, debu industri, dan getah pohon. Hal tersebut juga didukung kondisi iklim dan cuaca di indonesia yang tropis, serta udara yang lembab. Selain itu air hujan dan bahkan air ledeng atau air tanah pun, juga mengandung mineral yang cukup tinggi dan hail ini yang mengakibatkan penyebab timbulnya jamur pada mobil anda.

Air hujan juga memiliki kandungan asam yang cukup tinggi, jadi cepat sekali menimbulkan water spot. Water spot ini bisa muncul jika kaca mobil terkena air hujan lalu tidak segera dibersihkan. jika air tersebut mengering dengan sendirinya akibat terkena sinar matahari, maka pada kaca mobil akan timbul bintik-bintik putih yang biasa disebut water spot.

Sangat mengganggu jika saat anda berkendara pada kondisi hujan deras, sedangkan kaca depan mobil anda berjamur. Bila anda sulit mendapatkan obat untuk menghilangkan jamur pada kaca depan, anda bisa memanfaatkan rokok kretek. Caranya gosok-gosokan tembakau dari rokok kretek ke kaca yang berjamur. Karena zat yang terkandung dalam tembakau tersebut cukup efektif untuk menghilangkan jamur pada kaca. Tapi ini hanya untuk kondisi darurat saja.

Selain itu anda juga bisa menggunakan minuman soda. Langkah awalnya bersihkan kaca yang berjamur atau bernoda dengan lap, kemudian ambil lap yang kering kemudian basahi dengan minuman soda dan gosok pada bagian kaca yang terkena jamur.

Berikut ini cara yang dilakukan untuk mencegah atau menghilangkan timbulnya jamur pada kaca dan bodi mobil anda:
  1. Pada saat terkena air hujan, usahakan langsung bilas permukaan kaca dan bodi dengan air bersih, namun sebaiknya dilakukan pada saat cuaca cukup dingin dan matahari tidak terlalu panas.
  2. Lap kaca dan bodi mobil dengan menggunakan lap yang kering, jangan ada butiran air yang tersisa pada kaca atau bodi mobil. Karena butiran air yang tersisa tersebut akan menimbulkan water spot.
  3. Bilas mobil dengan menggunakan shampo mobil yang mengandung PH Balance.
  4. Gunakan obat kaca untuk membersihkan jamur pada kaca, caranya dengan tekhnik scrubing atau digosok, atau bisa juga menggunakan clay.
  5. Yang perlu diingat, jangan pernah membersihkan jamur pada kaca dengan menggunakan bahan kimia yang banyak mengandung acid. Karena bahan tersebut akan merusak lapisan UV pada kaca. Kalau lapisan UV hilang atau terkikis, maka pandangan pengemudi bisa terganggu akibat adanya semacam flare jika terkena sinar matahari.


1 comment: