Mengecek Pompa Bensin pada Mobil


Cara mengecek pompa bensin. Jika mobil Anda baru diisi bensin, tapi mesin mobil jalannya tidak mulus, dan seolah kekurangan bensin (mau mati tapi tak mati), atau bahkan tidak mau start, padahal aki masih bagus. Maka cek dulu apakah pompa bensin Anda error?

pompa bensinPompa bensin adalah komponen yang berfungsi memompa bensin dari tangki bahan bakar ke karburator/ injector, kemudian bensin bisa dimasukkart, ke dalam ruang bakar untuk diledakkan oieh busi. Lihat selang dari pompa bensin Anda, yang pertama biasanya penyaring bensin, dan yang kedua baru pompa bensin. Waiaupun begitu, pompa bensin ada juga yang posisinya di dalam tangki bensin tergantung tipe mobil Anda.
Perlu diingat bahwa tidak hanya pompa bensin raja yang menyebabkan masalah, bisa jadi ada komponen lain di sistem distribusi bahan bakar, seperti karburator, injektor, saringan bensin, selang yang tertutup kotoran, dan sebagainya. Sebelum mengganti pompa bensin, coba cek dahulu apakah benar pompa bensin yang error. Jika benar pompa bensin yang error maka lakukan langkah¬Iangkah berikut :
  1. Copot selang yang membawa bensin dari pompa bensin ini ke karburator atau injektor di sisi yang karburator atau injektor ini. Kemudian, letakkan di wadah. Selang dari pompa bensin ini akan menyalurkan bensin yang diangkat dari tangki bensin ke arah karburator atau injektor untuk kemudian dikabut dengan campuran udara.
  2. Aktifkan rem tangan, dan netralkan perseneling. Mintalah orang lain untuk mengaktifkan mobil, memang mobil tidak akan bisa menyala karena tidak ada bensin yang mengalir ke karburator atau injektor, tapi Anda bisa melihat apakah ada bensin yang terangkat oleh pompa bensin ini atau tidak?
  3. Jika ada bensin yang mengalir berarti pompa bensin ini sudah berfungsi dengan benar. Artinya kerusakan ada pada komponen lain, seperti karburator atau injektor. Jika tidak ada, bisa jadi komponen fuel pump ini rusak atau komponen lain juga terhambat, coba lihat saringan bensin.
  4. Jika memang pompa bensin membutuhkan penggantian,Anda bisa mencoba untukmenggunakan pompa bensin bekas yang masih bagus (sudah diperbaiki). Ini tidak terlalu mahal. Beberapa pabrikan malah membuat pompa bensin yang bisa diperbaiki sendiri dengan menggunakan obeng. Akan tetapi, ada juga pompa bensin jenis cartridge yang hanya bisa diperbaiki oleh pabrikan saja.
  5. Jika pompa bensin berjalan bagus, tekanannya juga oke, mesin pun businya bagus, kompresinya bagus, maka kemungkinan injektor tidak terbuka atau karburator ada yang tersumbat
  6. Jika masalahnya injektor, coba gunakan larutan pelancar injektor (injector cleaner) yang dijual di toko ()tomtit atau bahkan mall-mall besar seperti Carrefour, Ace Hardware, atau Giant.
  7. Jika masalahnya kelistrikan dari injektor, coba cek sirkuit-sirkuti pendukung injektor, apakah sekering putus, relay power yang tidak balk, atau pengkabelan yang salah di injektor. Bagian relay dan sekering injektor ini biasanya terletak di kotak relay atau distribusi daya di kompartemen mesin.
  8. Jika sekering baik, coba tukar relay untuk melihat apakah injektor berjalan balk.
  9. Anda juga bisa mengukur resistensi injektor dengan ohmmeter. Jika resistensi tidak sesual spek, gantilah injektor, atau coba hubungi bengkel resmi yang punya alat lebih detail untuk menguji injektor ini. Mengingat bengkel-bengkel biasa umumnya hanya bisa menangani tipe induksi jenis karburator dan bukan injeksi.
  10. Jika injektor bekerja normal, namun mesin belum juga mulai, maka kemungkinan mesin kebanjiran bensin. Coba cek busi apakah ada kebasahan, cek juga saringan udara yang kemungkinan kotor sehingga campuran bensin dan udara lebih banyak bensinnya, karena udara terhalang oleh saringan udara.
  11. Kesulitan saat starter juga bisa disebabkan oleh kesalahan pengemudi, yaitu jangan biasakan menekan pedal gas saat menstater mobil karena ini akan membuat mesin dipenuhi bensin.
  12. Jika Anda gagal menstarter, tapi mencium bau bensin, coba cek cuk, kemungkinan mobil ter-cuk sehingga campuran bensin dan udara terlalu banyak.

Popular Posts